Sat. Jul 2nd, 2022

Hanya sedikit orang yang tahu bahwa seperti halnya aplikasi Portal Info Terupdate dan perangkat lunak komputer, aplikasi seluler juga cukup rentan terhadap peretas. Peretasan adalah kecakapan teknis yang dijalankan secara negatif dengan mengakses informasi penting & rahasia dan membocorkannya secara ilegal. Kemajuan teknologi telah menyediakan begitu banyak alat di tangan para peretas yang sebenarnya telah memfasilitasi proses peretasan dan membuatnya menjadi sederhana dan bersih!

Kembali ke rumah setelah memuat file dokumen penting di PC kantor dan menemukannya nihil pada keesokan paginya bukanlah gambaran yang sangat langka. Tetapi karena peretas juga secara teknis terdengar, ini juga bukan gambar yang sangat langka di aplikasi seluler. Inilah alasannya, perusahaan besar mencoba mengamankan perangkat mereka menghabiskan banyak uang, tetapi gagal tiba-tiba karena lapisan aplikasi OS yang tidak aman yang mudah diakses oleh peretas sampai sekarang. Ini merusak reputasi perusahaan, sehingga pengembang perlu mengembangkan ukuran keamanan untuk aplikasi seluler. Tindakan ini harus diambil pada saat pengembangan aplikasi seluler untuk menghindari serangan phishing tersebut.

Tetapi otak manusia selalu menemukan solusi untuk setiap masalah. Dengan demikian, pengembang berusaha untuk menemukan perlindungan terhadap peretasan untuk mengamankan industri dengan lebih kuat. Berikut adalah beberapa langkah yang harus diambil pengembang untuk melindungi aplikasi mereka dengan baik-

Meneliti pada tahap dasar
Menganalisis aplikasi pada saat membuat sketsa aplikasi adalah perhatian utama pengembang aplikasi dan tim pemantau keamanan suatu organisasi. Ini dimulai dengan realisasi dan mengidentifikasi potensi ancaman yang dapat memengaruhi aplikasi dan merusak reputasi perusahaan. Proses ini harus disertakan dalam siklus hidup pengembangan aplikasi dengan mengevaluasi status, target & tujuan organisasi, lingkungan teknis untuk pembuatan & penggunaan aplikasi, tugas yang diambil untuk pengembangan dan ketidaksopanan, serta permintaan aplikasi dalam pasar saat ini. Analisis SWOT dengan demikian bisa sangat membantu dalam hal ini.

Proses pemodelan ancaman yang efektif
Di sini, pengembang dan tim pemantau keamanan harus bekerja bahu-membahu. Tugas dimulai dengan berfokus pada titik penyimpanan data sensitif di mana sebagian besar informasi penting disimpan. Setelah ancaman diidentifikasi, tindakan harus diambil untuk menghilangkannya, yang dapat dilakukan dengan aman dengan prosedur pemodelan ancaman.

Penilaian desain
Evaluasi desain merupakan persyaratan utama dalam proses pengembangan aplikasi seluler . Ini diperlukan untuk mengenali kesalahan dan risiko pada tahap awal pengembangan. Ini meningkatkan aplikasi dan kualitasnya. Tetapi akan lebih baik jika tugas ini dilakukan oleh orang luar, karena penilaiannya akan netral dan kesalahan dapat dengan mudah dikenali yang diabaikan oleh pengembang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.