Sat. Jul 2nd, 2022

Berdasakan fungsinya aki merupakan alat penyimpan arus listrik yang di hasilkan oleh spul dan magnet mesin terkecuali mesin di dalam keadaan hidup, dan terhitung berfungsi sebagai pemberi energi listrik untuk komponen sparepart yang gunakan energi listrik seperti lampu penerangan, sein, klakson, starter elektrik dan lain-lain.

Ternyata aki tersedia sebagian jenis berdasaan material dan komponen pembuatannya namun kala ini yang paling banyak di gunakan untuk kendaraan sepeda motor tersedia 2 (dua) jenis aki yang berdear luas di penduduk yaitu jenis aki basah dan aki kering lihat perpedaan ke-2 jenis aki di bawah ini.

Tipe aki yang pertama yaitu jenis basah, jenis aki basah ini udah sering dan lazim kami jumpai dan temukan pada kendaraan atau di bengkel bengkel. Jenis aki basah merupakan jenis aki standar pada sebuah kendaraan khususnya sepeda motor, jenis aki ini memiliki kandingan elektrolot yang bersifat asal sulfat (H2SO4). Walaupun aki basah ini dinilai sebagai aki yang lawas namun penggunaannya masih sangat terkenal dan masih banyak menjadi andalan untuk beraneka jenis kendaraan sebagai sumber arus listrik, aki jenis basah ini lumayan ekonomis karna dapat digunakan lebih berasal dari satu kali, maka tak heran terkecuali aki jenis ini senantiasa menjadi andalan sebagai sumber energi listrik untuk beraneka jenis kendaraan Baterai vrla .

Kebebihan Aki Motor Tipe Basah

1. Harga, Kelebihan jenis aki basah yang paling utama yaitu harganya yang relatif lebih terjagkau berasal dari pada jenis aki lainnya.

2. Mudah di dapatkan, dikarenakan masih banyak penggunanya aki jenis basah ini menjadi lebih enteng didapatkan dan dijual oleh banyak bengkel bengkel agar tidak repot untuk mencarinya.

3. Kelebihan utama berasal dari jenis aki basah ini adalah dapat digunakan lebih berasal dari sekali atau berulang-ulang. Tapi, bersama dengan catatan aki jenis basah ini wajib teratur ditunaikan perawatan, khususnya pemeriksaan pada cairan elektrolit.

Kekurangan Aki Motor Tipe Basah

1. Kandungan elektrolit yang sangat enteng menguap merupakan kekurangan aki jenis basah, maka perawatan dan pemeriksaan ketinggian air elektrolit wajib teratur ditunaikan di dalam jangka kala tertentu.

2. Kekurangan aki tupe basah ini terhitung terletak pada takaran berasal dari elektrolit sendiri, dikarenakan cairan yang digunakan adalah jenis asa, H2SO4 yang memiliki sifat keras agar terkecuali bocor atau tumpah bakal menyebabkan rusaknya atau korosi pada bagian bodi aki yang terkena cairan elektrolit.

AKI Motor Tipe MF (Maintenance Free)

Nah, keliru satu jenis aki motor yang lumayan terkenal di kalangan penduduk awam yaitu aki MF (Maintenance Free). Tipe aki ini lebih terkenal bersama dengan nama aki kering. Jenis aki kering atau aki MF ini terhitung banyak sekali digunakan oleh para konsumen. Meski senantiasa memiliki takaran elektrolit untuk menghidupkan sel-sel arus yang terbilang lumayan berbahaya namun jangan keliru kira dulu. Sebab, berasal dari 5 jenis aki motor lainnya jenis aki MF ini tergolong lumayan safe dikarenakan memiliki segel spesifik yang sangat kuat yang diklaim dapat menghambat proses penguapan berasal dari larutan elektrolit pada aki. Oleh dikarenakan itu maka aki ini disebut Maintenance Free atau MF dikarenakan sobat tidak wajib repot – repot mengecek keadaan air aki yang udah tersegel rapi dan dijamin mengalami tingkat penguapan yang kecil sekali. Selain aki basah, berasal dari 5 jenis aki motor yang ada, aki MF ini terhitung lumayan banyak digunakan.

Kelebihan Aki Maintenance Free (MF)

Di bawah ini sebagian berlebihan aki maintenance free (MF), pada lain sebagai berikut:

1. Kelebihan aki maintenance free (MF) yang paling sadar yaitu bebas perawatan dikarenakan tak wajib mengecek ketinggian airnya.

2. Selain itu, penggunaannya yang praktis pun menjadikan berlebihan aki MF ini bernilai positif. Sehingga, banyak terhitung pembeli yang menyukai jenis ini.

3. Kelebihan aki maintenance free (MF) lainnya adalah dapat menjadi keliru satu pilihan bagi sobat yang menyukai aksesori kendaraan yang menaikkan beban listrik.

Kekurangan Aki Maintenance Free (MF)

Ternyata tak cuma kelebihannya saja, kekurangan aki maintenance free (FI) ini terletak pada sebagian aspek, diantaranya:

1. Harga aki maintenance Free yang terbilang lumayan mahal berikut terhitung merupakan kekurangan aki maintenance free (FI).

2. Selain itu, kekurangan aki MF ini terhitung pada usianya yang terbilang relatif lebih singkat.

3. Kekurangan aki maintenance free (FI) lainnya pun terletak pada umur era gunakan yang tak dapat bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.