Tahap-tahap Pengaspalan Jalan

Seringkali kami kesal gara-gara jalur yang tengah di lewati macet, khususnya gara-gara jalur tengah di dalam pengaspalan jalan. Tapi tahukah Anda, bahwa tahap-tahap pengaspalan jalur tidak semudah yang dibayangkan?

Dalam prosesnya, pengaspalan jalur mempunyai sebagian proses yang tidak mampu dilewati. Walaupun, kami kerap mengayalkan aspal hanya tinggal digelar, namun prosesnya ternyata rumit. Inilah tahap-tahap pengaspalan jalan:

1. Proses Pemetaan
Pemetaan adalah langkah awal berasal dari sekian tahapan pekerjaan jalan. Pemetaan dilaksanakan bersama mengukur lebar jalan, kondisi tanah yang akan diaspal, dan pilih sebagian koordinat jalur sebelum saat diaspal. Tahap awal pengaspalan jalur ini mutlak gara-gara akan pilih seberapa banyak material aspal yang akan digunakan.

2. Proses Pembersihan (Clearing) proses pengaspalan jalan
Setelah pemetaan, langkah sesudah itu sebelum saat lakukan pengaspalan jalur adalah clearing atau pembersihan. Dalam langkah ini, jalur akan dibentuk, lalu meminimalisir titik-titik jalur yang lunak, dan membersihkan sampah di kira-kira jalur supaya pengaspalan jalur terjadi lancar dan aspal menjadi tahan lama.

jasa pengaspalan
Proses pembersihan area pengaspalan Kementerian Dalam Negeri

3. Proses Stripping jasa pengaspalan jalan
Tahap ini lebih dikenal bersama pekerjaan jalur dan timbunan. Sebelum lakukan pengaspalan jalan, andaikata diperlukan, tanah akan dipotong supaya mampu meraih bentuk elevasi jalur yang diinginkan. Dalam langkah ini, elevasi akan diukur bersama alat ukur theodolite. Sehingga, pengaspalan jalur mampu dilaksanakan bersama elevasi, sudut, dan belokan yang cocok rencana.

Jasa Pengaspalan Jalan Jakarta Terpercaya

4. Proses Pemadatan Tanah
Jika terhadap proses sebelumnya tanah dipotong lalu ditimbun, maka di dalam proses ini tanah akan dipadatkan. Proses ini termasuk disebut bersama proses sub grade. Sub grade diartikan sebagai tanah basic bagian bawah, sebelum saat lapisan perkerasan jalan. Perkerasan jalur mampu dilaksanakan bersama tanah urug, atau tanah lain yang bebas berasal dari rumput atau sampah. Setelah itu, jalur akan diperkeras bersama bantuan alat seperti buldozer, atau vibrator roller.

5. Proses Pelapisan Bawah Jasa Pengaspalan Jakarta
Proses pelapisan bawah atau sub base course adalah proses untuk melapisi tanah yang sudah dipadatkan bersama memberi tambahan material pondasi bawah, bersama batu kali/limestone. Proses ini di dalam tahapan menuju pengaspalan jalur amat krusial, gara-gara berguna sebagai lapisan peresapan air, memperkuat aspal jalan, dan kurangi lapisan yang tersedia di bagian atasnya.

6. Proses Pondasi Atas
jasa pengaspalan
Proses pekerjaan gelar aspal hotmix lapis pertama area pabrik.
Proses ini tetap tentang bersama perkerasan jalan. Lapisan ini dibikin supaya mampu kekuatan dukung beban berasal dari jalur sempurna. Pondasi atas jalur termasuk berguna sebagai bantalan terhadap lapisan permukaan aspal. Cara memicu pondasi atas serupa seperti pelapisan pondasi bawah sebelumnya, yaitu bersama menghamparkan material. Material yang dipakai adalah campuran batu pecah dan abu batu atau pasir, bersama perbandingan 70-30.

Setelah hamparan material keluar rata, lapisan akan disiram bersama prime coat bersama kompresor supaya lapisan agregat/material terkena dampak cuaca, mengikat agregat/material sebelum saat di aspal, dan berikan kekuatan kuncir antar lapis pondasi bersama campuran aspal. Prime coat disiram sambil meratakan tanah bersama tire roller.

7. Proses Hotmix
Proses ini adalah proses yang amat mutlak di dalam pengaspalan jalan. Proses ini adalah pelapisan bersama pakai aspal style ATB atau Asphalt Treated Base. Sebelum lakukan proses pelapisan, lapisan mesti dibersihkan berasal dari debu bersama air compressor, lalu ATB direkatkan bersama aspal hotmix. Proses ini disebut cor tack coat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *