Thu. May 19th, 2022

Twitch sedang mempertimbangkan perubahan cara menangani program mitranya yang akan membuat streamer menerima lebih sedikit pendapatan dari pelanggan berbayar tetapi lebih banyak pendapatan dari menampilkan iklan di streaming.

Sumber yang berbicara kepada Bloomberg menyatakan Amazon sedang mempertimbangkan perubahan ini untuk meningkatkan keberlanjutan Twitch. Amazon terutama memperhatikan pertumbuhan sejak membeli Twitch pada tahun 2014, tetapi sekarang fokus itu berubah. Amazon ingin Twitch menjadi penghasil uang dan sedang mempertimbangkan proposal yang akan membantu raksasa teknologi itu memonetisasi platform streaming terbesar di dunia dengan lebih baik.

Salah satu proposal yang sedang dipertimbangkan adalah untuk streamer yang bermitra untuk mengambil pemotongan gaji 20%. Twitch saat ini menawarkan 70% bagi hasil dari langganan saluran berbayar dengan mitra teratasnya, tetapi itu akan turun menjadi 50% jika proposal disetujui. Untuk mengimbangi hilangnya pendapatan ini, streamer akan dibebaskan dari pengaturan eksklusivitas mereka, sehingga mereka dapat mulai streaming di YouTube dan Facebook, untuk informasi lebih lengkapnya di Berita Teknologi.

Streamer yang bermitra juga akan ditawari bagi hasil untuk iklan. Saat ini, Twitch menawarkan streamer tarif tetap untuk menjalankan sejumlah iklan selama streaming mereka. Bagi hasil pada iklan bisa menjadi sumber pendapatan baru yang berpotensi menguntungkan, asalkan saluran streamer cukup besar untuk menarik pengiklan.

Iklan bukanlah metode yang disukai untuk monetisasi streaming Twitch karena sulit diterapkan selama streaming langsung. Beberapa streamer menjadi mahir dalam memasang iklan sesekali, tetapi streamer game sering kali hanya mengatur waktu iklan mereka pada interval tertentu karena mereka lebih fokus bermain. Hal ini dapat menyebabkan beberapa penonton kehilangan momen-momen penting dalam gameplay.

Proposal lain yang sedang dipertimbangkan adalah struktur bagi hasil berjenjang di mana mitra harus mencapai kriteria tertentu untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan. Semua proposal ini sedang dipertimbangkan dan tidak ada yang diselesaikan. Twitch menolak berkomentar.

Twitch telah berjuang untuk mempertahankan bakat dalam beberapa tahun terakhir, dengan nama-nama besar seperti DrLupoTimTheTatman, dan Ludwig semuanya berangkat ke platform saingan. Twitch juga berjuang dengan informasi yang salah dan serangan kebencian rasis, yang membutuhkan investasi lebih besar dalam alat moderasi. Di sisi lain, beberapa streamer bertahan dengan Twitch setelah menerima kesepakatan yang menguntungkan, jadi Twitch jelas bersedia membuang banyak uang untuk mempertahankan setidaknya beberapa pembuat konten teratasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.