Thu. May 19th, 2022

Keluarga Muda, Simak 3 Tips Mengelola Keuangan Ini Biar Bisa Liburan!
Liburan bersama keluarga sudah jadi kebutuhan yang mendesak untuk dipenuhi di tengah padatnya kesibukan. Apalagi, kalau kamu jarang menghabiskan waktu luang bersama keluarga.

Liburan juga dapat melepas penat, mengurangi stres, hingga menguatkan kedekatan dengan sesama anggota keluarga.

Namun, para generasi milenial yang baru membangun rumah tangga kerap dihadapkan pada sulitnya mengelola keuangan untuk memenuhi kebutuhan. Ditambah lagi, mereka dituntut untuk menabung untuk masa depan dan hari tua.

Eits, tetapi, keluarga muda masih bisa, lho, mengatur keuangan tanpa perlu merelakan rencana traveling impian! Berikut tiga kiat perencanaan keuangan supaya anggaran rumah tangga kamu tetap terjaga—dan kamu bisa liburan deh!

Membuat alokasi pengeluaran perjalanan ke pulau seribu

Langkah awal agar tetap bisa travelling bareng keluarga adalah mengatur alokasi pengeluaran. Alokasi anggaran ini dapat dibagi secara rinci sesuai dengan tujuan pengeluaran, misalnya kebutuhan sehari-hari, kebutuhan anak, dana darurat, tabungan hari tua, hingga anggaran untuk traveling.

Baca juga: 5 Tips Solo Traveling di Masa Pandemi: Kurangi Interaksi dengan Orang Lain dan Optimalkan Smartphone

Agar lebih mudah, kamu dapat menerapkan rumus perencanaan keuangan 50-30-20, di mana 50% penghasilan digunakan untuk kebutuhan pokok keluarga, 30% untuk memenuhi gaya hidup (termasuk di dalamnya anggaran untuk liburan), dan 20% sisanya ditabung untuk masa depan ataupun dana darurat.

Dengan begitu, kamu nggak hanya lebih mudah dalam menyisihkan dana tabungan, namun juga lebih disiplin dalam mengelola keuangan.

Buat estimasi pengeluaran dari jauh hari paket wisata pulau seribu

Menyusun rencana liburan dari jauh hari akan mempermudah kamu mengatur keuangan serta menyisihkan dana dalam waktu yang lebih memadai.

Diskusikan rencana liburan kamu bersama pasangan, mulai dari waktu, tempat, transportasi, akomodasi, uang saku, hingga aktivitas apa saja yang akan dilakukan, berikut dengan estimasi anggaran yang dibutuhkan.

Sebagai tips, jangan lupa berburu diskon atau promo tiket transportasi atau harga akomodasi. Atau, periksa tanggal-tanggal tertentu yang menyediakan harga booking yang lebih terjangkau. Intinya, buatlah estimasi anggaran sehemat mungkin.

Bedakan rekening untuk pengeluaran sehari-hari dengan rekening tabungan

Terkadang, kamu merasa hanya membutuhkan satu rekening untuk seluruh pemasukan.

Akan tetapi, bagi kamu yang memiliki banyak rencana di masa depan—tak terkecuali rencana liburan—memisahkan antara rekening untuk pengeluaran sehari-hari serta rekening tabungan adalah strategi tepat!

Dengan begitu banyaknya pengeluaran yang harus dipenuhi keluarga setiap harinya, memiliki dua rekening berbeda akan membantumu untuk bisa secara rutin menyisihkan dana untuk ditabung secara berkala.

Strategi ini tentunya, akan membuat kamu tidak perlu lagi kebingungan untuk memulai menabung dana darurat atau dana untuk kebutuhan tertentu di masa mendatang. Jika tujuannya untuk dana darurat sebisa mungkin dana tersebut tidak disentuh dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau dengan kata lain, tunggulah hingga tabungannya matured.

Memahami kondisi para millenials serta keluarga muda dengan gaya hidup yang kian menantang, PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (“Maybank Indonesia”) belum lama ini meluncurkan solusi yang dapat memudahkan kamu mengelola dana untuk kebutuhan sehari-hari dan menabung, yaitu Maybank Tabungan U.

Maybank Tabungan U tersedia dalam dua jenis, yaitu konvensional dan Syariah dengan akad Mudharabah (Maybank Tabungan U iB).

Untuk membantu kamu menetapkan tabungan dana tabungan baik darurat maupun untuk kebutuhan di masa mendatang, Maybank Tabungan U dan U iB hadir dengan dua rekening (2-in-1) dalam satu tabungan dengan fungsi masing-masing yang dapat membantu kamu mengoptimalkan dana yang ditabung dengan dana untuk kebutuhan sehari-hari..

Yang pertama, Rekening U Transactional adalah rekening utama untuk transaksi keuangan sehari-hari, mulai dari berbelanja, membayar tagihan bulanan, melakukan transfer antar bank, hingga isi ulang berbagai aplikasi e-wallet.

Kemudian, rekening U Goal Saver adalah rekening untuk menabung yang akan digunakan untuk masa mendatang dalam jangka pendek maupun panjang. Kamu bisa atur sendiri!

Untuk U Goal Saver, kamu bisa menyisihkan dana mulai dari Rp100,000/bulan dengan beragam pilihan durasi menabung, sehingga perencanaan keuanganmu pun akan lebih terukur. Tak hanya itu, ada pula fitur Cashback Smart Spending 10% untuk setiap transaksi menggunakan Kartu Debit dari Maybank Tabungan U/U iB, QR Pay & pembayaran tagihan bulanan Air, Listrik ataupun Telepon, serta Promo direct discount dari merchants partners di mana kamu bisa memaksimalkan tabunganmu.

Guna mendukung nasabah untuk melakukan transaksi keuangan, Maybank Indonesia juga menghadirkan platform digital banking M2U ID yang terintegrasi. Melalui M2U ID, kamu bisa melakukan pembukaan tabungan, pengelolaan dana dan rekening, hingga mengatur tabungan rutin secara online tanpa perlu mengunjungi kantor cabang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.