Tue. Jul 5th, 2022

Anda menjatuhkan tablet atau ponsel Anda ke dalam air? Inilah cara mengeluarkan air dan memastikan perangkat Anda bertahan.

Saya punya kabar buruk untuk Anda: menjatuhkan ponsel atau tablet Anda ke dalam air (baik di bak mandi, wastafel, toilet, atau kolam renang) akan membuatnya rusak parah. Tidak ada lagi aplikasi, game, Facebook, panggilan telepon, atau penjelajahan. Semua hilang.

Tapi itu tidak semua berita buruk.

Jika Anda membiarkan ponsel atau tablet dalam keadaan hidup, Anda akan mengalami masalah. Menonaktifkannya segera mungkin hanya menghemat perangkat Anda. Sebenarnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengeluarkan air dari tablet atau ponsel Anda dan menyelamatkannya dari kehancuran.

Membantu! Tablet Saya Basah dan Tidak Mau Hidup!

Penting untuk bertindak cepat saat ponsel atau tablet Anda basah. Air dan listrik tidak cocok; perangkat basah bisa korslet dan bahkan memberi Anda sengatan listrik. Air dapat merusak layar dan merembes ke dalam bezel, slot, di bawah layar, dan ke dalam rongga baterai.

Pada dasarnya, membiarkan ponsel atau tablet Anda basah adalah ide yang buruk, dan mengharuskan Anda untuk bertindak secepat mungkin.

Singkatnya, berhentilah mencoba menyalakannya. Anda harus membiarkan telepon mengering jika Anda ingin melihatnya berfungsi kembali.

Ponsel atau Tablet Anda Kemasukan Air? Matikan!

Jika ponsel Anda terkena air yang cukup untuk membuat Anda khawatir, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikannya! Sementara itu, jika Anda menggunakan ponsel dengan baterai yang dapat dilepas, buka kompartemennya dan keluarkan baterainya.

Apa pun yang Anda lakukan, jangan buang waktu untuk memeriksa apakah ponsel atau tablet yang basah masih berfungsi atau tidak. Melakukannya hanya akan memperburuk keadaan!

Anda mungkin keluar dan sekitar ketika telepon menjadi basah, atau Anda mungkin berada di rumah atau di kantor. Bagaimanapun, Anda harus menemukan permukaan datar dan kering yang dapat Anda gunakan untuk langkah-langkah berikut. Tindakan cepat disarankan kegagalan untuk menyelesaikan langkah-langkah berikut dengan cepat akan mengakibatkan ponsel atau tablet rusak permanen!

Segera Keringkan Apapun Yang Anda Bisa

Untungnya, ponsel dan tablet tidak mudah lepas. Jika mereka melakukannya, mereka mungkin akan terfragmentasi setiap kali dijatuhkan!

Namun, bersama dengan baterai, dua item lain dapat dilepas:

  1. Kartu SIM: ambil ini, keringkan dengan handuk kertas, dan simpan di tempat yang aman.
  2. Kartu micro SD yang dapat dilepas: keluarkan dan keringkan kartu. Perhatikan bahwa tidak semua perangkat memiliki kartu SD yang dapat dilepas.

Alasannya sederhan air ada di mana-mana! Dengan melepas kedua kartu ini, Anda dapat mengeringkan slot dengan kertas tisu untuk merendam sisa air.

Mengeringkan Ponsel atau Tablet

Tidak berhenti pada slot kartu SIM dan SD. Air apa pun yang Anda temukan di perangkat yang dimatikan harus disedot secepat mungkin.

Pastikan semua tetesan air di sekitar tepi layar terendam. Periksa juga lubang sekrup dan bezel bahkan, di bagian luar ponsel atau tablet Anda.

Tanpa membongkar perangkat, ini kering seperti yang bisa Anda dapatkan secara fisik. Membuka ponsel atau tablet berbahaya, kebetulan. Anda hanya akan berakhir dengan membujuk kelembaban untuk bersentuhan dengan mainboard dan komponen lainnya.

Lantas, bagaimana cara mengeringkan bagian dalam ponsel atau tablet yang basah?

4 Cara Mengeluarkan Air dari Ponsel atau Tablet

Di dalam smartphone atau komputer tablet Anda akan menemukan prosesor, papan sirkuit, tombol roket semua tempat di mana air dapat menemukan rumah dan menyebabkan kerusakan. Dengan perangkat yang terendam air dengan cepat dimatikan dan kartu SIM dan micro SD dilepas, Anda berada dalam posisi yang kuat untuk memulihkan perangkat.

Anda hanya perlu mengeringkan papan sirkuit telanjang, kabel dan prosesor di dalamnya.

1. Ketel/Lemari Pengudara

Solusi berbasis panas, ini akan memakan waktu beberapa jam untuk mengeringkan ponsel Anda mungkin sekitar satu hari penuh. Nyalakan boiler Anda sebelum menggunakan solusi ini.

2. Semangkuk Nasi

Meskipun Anda mungkin harus pergi ke toko swalayan setempat, semangkuk nasi kering yang belum dimasak mungkin merupakan solusi paling sukses untuk mengatasi kerusakan air pada ponsel atau tablet Anda.

Anda harus mengemasnya ke dalam wadah yang cukup besar untuk menampung perangkat keras Anda dan lapisan beras yang baik sekitar 1 inci di semua sisi tetapi bahan makanan akan menyerap hampir semua kelembapan dalam semalam, meninggalkan Anda dengan perangkat yang berfungsi penuh.

3. Banyak Silika Gel

Apakah Anda mengumpulkan paket silika yang dikirimkan bersama sebagian besar barang elektronik? Kemas ponsel atau tablet Anda ke dalam kotak dengan banyak sachet gel silika untuk menutupi perangkat di semua sisi dan biarkan semalaman, dan berharap penimbunan Anda tidak sia-sia.

4. Alkohol Murni

Satu saran terakhir yang telah terbukti berhasil adalah penggunaan alkohol murni. Jika kerusakan yang disebabkan oleh air pada perangkat Anda adalah akibat dari fisika dasar, maka perendaman perangkat yang dimatikan ke dalam alkohol gosok adalah akibat dari kimia dasar. Alkohol menggantikan air, lalu Anda mengeluarkan perangkat dari cairan alkohol akan menguap. Ini adalah solusi ekstrem, tetapi berguna jika perbaikan lainnya tidak berhasil.

Temukan Layanan Perbaikan Tablet Rusak Air

Jika tidak ada cara di atas yang berhasil, atau Anda tidak dapat menemukan nasi atau bahkan tempat yang hangat, pertimbangkan untuk memperbaikinya. Meskipun mahal (dan berpotensi membuang-buang waktu), beberapa toko telepon akan menangani kerusakan air.

Memiliki iPad atau iPhone? Jika Anda memiliki Apple Care+, ini akan melindungi Anda dari dua insiden kerusakan yang tidak disengaja, yang mencakup air, jadi mungkin layak untuk membayar Apple Care. Untuk perangkat non-Apple, Anda perlu memeriksa apakah asuransi yang Anda ambil dengan ponsel atau tablet Anda menanggung kerusakan.

Jangan Jatuhkan Ponsel atau Tablet Anda ke Air!

Perbaikan ini hanya untuk skenario ekstrim. Jangan biarkan ponsel atau tablet Anda basah! Beberapa percikan hujan tidak apa-apa; sesuatu yang lebih bisa menjadi bencana.

Perbaikan potensial ini persis seperti itu: perbaikan “potensial”, sebagai lawan dari perbaikan “aktual”. Mereka telah terbukti berfungsi, tetapi tidak ada yang dijamin. Karena itu, pertimbangkan praktik yang lebih aman ini:

  • Jangan gunakan ponsel atau tablet Anda di atas toilet, wastafel, atau bak mandi.
  • Jangan tinggalkan perangkat Anda di kamar mandi (uap dari pancuran air panas dapat mengembun dan menyebabkan kerusakan air).
  • Perlakukan perangkat keras Anda dengan hormat, berapa pun biayanya. Penggantian akan mahal dan memakan waktu untuk mendapatkannya.
  • Beli telepon tahan air. Tersedia beberapa model yang dapat bertahan saat terendam air, termasuk model iPhone dan Samsung Galaxy terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.