Sun. Jul 3rd, 2022

Ponsel cerdas Anda dapat digunakan untuk melacak Anda dengan banyak cara, tetapi Anda dapat meminimalkannya jika rajin. Di sini, kami akan mengajari Anda caranya.

Anda mungkin menggunakan telepon Anda untuk banyak alasan yang berhubungan dengan bisnis dan pribadi sepanjang hari. Namun, Anda mungkin tidak menyadari bahwa apa yang Anda lakukan di ponsel belum tentu bersifat pribadi.

Di sini, irrawaddymedia akan membuat daftar tiga cara berbeda seseorang dapat melacak telepon Anda, tetapi sebelum itu, mari kita lihat siapa sebenarnya yang dapat melacak telepon Anda.

Siapa yang Melacak Ponsel Saya?

Pelacakan telepon dapat terjadi dengan cara yang tidak terduga. Para peneliti telah menunjukkan bahwa fitur pelacakan lokasi dari banyak aplikasi dan sistem operasi telepon dapat menciptakan risiko bagi para penyintas kekerasan dalam rumah tangga. Itu karena seseorang hanya membutuhkan akses fisik ke ponsel seseorang untuk mengaktifkan kemampuan tersebut. Plus, pemilik perangkat tidak mendapatkan peringatan bahwa orang lain mengaktifkan pelacakan.

Kemungkinan juga tempat kerja Anda melacak penggunaan ponsel Anda. Itu terutama benar jika Anda memiliki perangkat yang dikeluarkan perusahaan atau menghubungkan ponsel cerdas Anda ke jaringan perusahaan.

Selain itu, Anda tidak dapat mengabaikan bahwa banyak aplikasi dan layanan telepon memiliki pelacakan bawaan. Terkadang, fitur tersebut dapat membantu, seperti cara Android menampilkan tempat kepada pengguna di dekat lokasi mereka saat ini untuk membantu mereka mengenal area tersebut. Namun, orang tidak tahu aplikasi melacak mereka di latar belakang dalam kasus lain.

Investigasi 2019 oleh The New York Times melibatkan tim yang memeriksa 250 aplikasi iPhone untuk melihat apakah dan bagaimana produk melacak pengguna. Hasilnya menunjukkan hampir dua pertiga dari mereka mengumpulkan data tentang masing-masing orang.

Penyedia layanan komunikasi juga terlibat dalam pelacakan telepon. Itu karena setiap telepon mengirimkan pengenal pribadi ke menara seluler yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Ini adalah bagian penting dari konektivitas karena perusahaan telepon harus memverifikasi lokasi Anda dan bahwa Anda adalah pelanggan. Namun, penelitian sedang dilakukan untuk memberikan otentikasi itu sambil menganonimkan identitas Anda.

Apakah Ada Kode untuk Memeriksa Apakah Ponsel Anda Dimonitor?

Beberapa orang mendeteksi tanda-tanda peringatan kemungkinan pelacakan telepon. Misalnya, mereka mungkin memperhatikan bahwa perangkat melambat atau menangkap perubahan kinerja tak terduga lainnya. Namun, alat pelacak tidak selalu begitu jelas.

Pakar industri menunjukkan bahwa Anda dapat menekan berbagai kode yang akan memberikan respons untuk menunjukkan potensi pelacakan. Menelepon *#61# kabarnya akan memberi tahu Anda jika panggilan masuk diteruskan ke nomor lain. Demikian pula, menggunakan *#62# menunjukkan jika perangkat lunak pengalihan mencegah panggilan dan teks dari menghubungi Anda sama sekali.

Namun, mendapatkan konfirmasi dari kode-kode ini tidak selalu merupakan hal yang buruk. Misalnya, orang dengan kotak pesan suara aktif akan melihat panggilan diteruskan ke mereka setelah menggunakan kode *#61# .

Cara Memblokir Ponsel Saya Agar Tidak Dilacak

Mengurangi pelacakan telepon adalah tujuan dalam kendali Anda. Ini lebih mudah dari yang Anda kira, asalkan Anda tahu pilihannya.

1. Mode Pesawat dan Nonaktifkan Pengaturan Lokasi GPS

Saat Anda mengaktifkan fitur mode pesawat ponsel Anda, ini mencegah jaringan seluler dan Wi-Fi mencapai koneksi yang memungkinkan pelacakan terjadi. Setelah memilih Mode Pesawat , periksa status GPS atau fitur lokasi ponsel Anda. Mode pesawat sering kali secara otomatis menonaktifkan pengaturan lokasi setelah aktivasi, tetapi sebaiknya periksa dan pastikan.

Menonaktifkan fitur ini juga berarti Anda tidak dapat menggunakan ponsel untuk panggilan atau data seluler. Terlepas dari itu, ini adalah cara cepat untuk menghentikan pelacakan tetapi tidak ideal untuk penggunaan jangka panjang.

2. Terlibat Dengan Pengaturan Sistem Operasi

Orang yang sangat peduli dengan pelacakan berbasis aplikasi sering kali dapat mengekangnya dengan mengubah pengaturan berbasis OS. Versi terbaru iOS Apple memungkinkan orang menonaktifkan pelacakan untuk semua aplikasi atau aplikasi individual.

Google juga baru-baru ini mengumumkan fitur serupa untuk Android yang disebut Privacy Sandbox. Ini akan membatasi data pribadi yang ditransfer ke pihak ketiga dan tidak memungkinkan aktivitas pelacakan tetap ada di seluruh aplikasi.

3. Beralih ke Browser yang Berfokus pada Privasi

Kebanyakan orang menganggap Google Chrome sebagai browser web terkemuka. Namun, mereka mungkin tidak menyadari bahwa itu melacak aktivitas online pengguna. Anda dapat melalui berbagai langkah untuk menonaktifkan aspek pelacakan Google.

Pilihan lainnya adalah mulai menggunakan browser yang melacak Anda lebih sedikit atau tidak melacak sama sekali. Peramban ini tidak akan memberi Anda hasil pencarian yang dipersonalisasi seperti yang dilakukan sebagian besar opsi dengan pelacak. Namun, mereka mungkin memberi Anda lebih banyak ketenangan pikiran tentang privasi.

Peningkatan Kesadaran Mengurangi Kejutan

Selain melalui tiga saran di atas, pertimbangkan untuk lebih menyadari bagaimana dan kapan pelacakan terjadi. Misalnya, periksa kontrak atau dokumen serupa dari tempat kerja Anda yang mungkin mengungkapkan apakah atasan Anda melacak aktivitas telepon Anda.

Ini juga merupakan praktik yang bagus untuk meninjau persyaratan layanan untuk semua aplikasi yang Anda gunakan atau mungkin unduh. Cari bahasa apa pun yang menentukan informasi apa yang dikumpulkan penyedia dan alasannya. Kemudian, gunakan informasi tersebut untuk memutuskan apakah akan mengubah perilaku penggunaan Anda.

Anda tidak dapat menghentikan semua pelacakan dan mempertahankan fungsi dasar ponsel Anda. Namun, strategi ini akan membantu Anda menguranginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.