Apa itu Senyawa NaOH?

Kamu pasti sering mendengar mengenai senyawa NaOH, terlebih saat sedang mengerjakan kasus mengenai reaksi kimia. Namun tahukah kamu apa senyawa NaOH sebenarnya? NaOH adalah singkatan berasal dari natrium hidroksida atau sodium hidroksida atau dikenal sebagai soda kaustik atau soda api di industri. NaOH didalam suhu area berwujud kristal putih tidak berbau dan berwujud sangat higroskopis (menyerap kelembaban udara). Dilansir berasal dari National Library of Medicine, natrium hidroksida saat dilarutkan didalam air atau dinetralkan dengan cairan asam akan melepaskan panas yang memadai untuk menyalakan bahan enteng terbakar. Dan lantas NaOH akan membentuk cairan bening yang lebih kental berasal dari air. Ciri-ciri senyawa NaOH

Berikut beberapa ciri berasal dari senyawa NaOH, yaitu: Bereaksi dengan asam Bersifat hidroskopis Bersifat korosif Bersifat basa (pH=14) Larut didalam etanol dan methanol Larut didalam air (reaksi eksotermis membuahkan panas) Baca juga: Perbedaan Senyawa dan Campuran Manfaat NaOH NaOH merupakan tidak benar satu senyawa kimia yang punya banyak kegunaan sehingga sering digunakan didalam bidang industri.

Berikut adalah kegunaan NaOH didalam kehidupan manusa: Pembuatan bahan peledak Pembuatan detergen dan sabun Pembuatan pemutih dengan dengan senyawa klorin Pembuatan kertas (menghilangkan zat lignin terhadap kayu bahan baku kertas) Pembuatan rayon dan kapas Pengolahan limbah dan pemurnian air (menghilangkan logam berat) naoh msds

Pemurnian alumunium, seng, dan timah Digunakan untuk menghancurkan kutil dan tumor kecil Pembuatan obat pereda nyeri layaknya aspirin, obat penggumpalan darah layaknya antikoagulan, dan obat penurun kolesterol Bahaya NaOH NaOH berwujud korosif sehingga bisa merusak jaringan kulit yang dikenainya secara kimiawi. tapi NaOH juga merupakan agen kaustik. Dilansir berasal dari National Library of Medicine, sebagai agen kaustik NaOH menghancurkan jaringan tubuh lunak yang menyebabkan luka bakar yang didalam dan menembus. Penghirupan NaOH bisa menyebabkan mual, muntah, sesak napas, sakit tenggorokan, sampai gejala iritasi berat layaknya pneumonia dan edema.

Baca juga: Senyawa Hidrokarbon: Pengertian, Rumus, Golongan, dan Contohnya Dilansir berasal dari Vedantu, NaOh yang terkena mata bisa menyebabkan luka bakar menyeluruh yang menyebabkan gangguan mata sampai kebutaan permanen. Sehingga terkecuali berlangsung kontak dengan NaOH, mata atau anggota tubuh lainnya mesti disirami air mengalir berkelanjutan sembari tunggu datangnya pemberian medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *